Berbagai bentuk nyata seharusnya dapat dilakukan oleh masyarakat baik dari lingkup terkecil seperti keluarga maupun dalam cakupan yang lebih luas, tentunya dengan kerja sama yang baik antara  pemerintah maupun lembaga sosial serta lembaga terkait lainnya, agar keinginan untuk menciptakan harmonisasi sosial antara disabilitas dengan anggota masyarakat lainnya dapat terwujud.

Untuk itulah LPKIPI sebagai mitra pelaksana UNICEF di dalam mengembangkan pendidikan inklusif dan di dukung oleh kelompok kerja (pokja) inklusif propinsi Jawa Timur berinisiatif melaksanakan serangkaian kegiatan sebagai bentuk peringatan Hari Internasional disabilitas dan Hari Internasional Hak Asasi Manusia, sebagai wujud kepedulian terhadap hak-hak asasi manusia khususnya bagi para disabilitas. Diharapkan kegiatan ini akan memicu terselenggaranya kegiatan rutin maupun insidental yang dapat meningkatkan atau mengembangkan potensi para disabilitas dan menjadi wadah bagi peran serta masyarakat.

Walaupun Kab. Sidoarjo telah ditetapkan sebagai Kab. Pendidikan Inklusif, namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui siapa penyandang disabilitas. Oleh karena itu, dengan adanya Kegiatan Hari Disabilitas maka diharapkan dapat melaksanakan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan Disabilitas kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.